5 Aplikasi Pertanian yang Harus Kamu Tahu

Kalau bicara tentang pertanian, apa yang pertama kali terlintas di pikiran kamu?

Sawah? Cangkul? Atau Caping?

Kalau kamu termasuk orang yang berpikir seperti itu, tenang saja. Kamu tidak sendiri. Karena sampai saat ini memang masih banyak orang yang menganggap kalau pertanian adalah sesuatu yang jauh dari kemajuan teknologi.

Konotasi kata “Pertanian” di banyak orang Indonesia, memang masih sesuatu yang tradisional sekali. Tidak jauh-jauh dari sawah, alat berat, kerbau, bahkan peluh.

Tapi bukan berarti kemajuan teknologi tidak menyentuh segmen pertanian sama sekali, lho!

Seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, sekarang mulai muncul hal-hal penunjang pertanian yang berbasis teknologi. Misalnya saja seperti aplikasi pertanian. Di era smartphone seperti sekarang, rasanya memang kurang sempurna kalau dunia pertanian tidak turut didukung dengan adanya aplikasi pertanian berbasis android.

Nah, sudah tahu apa saja aplikasi pertanian yang bisa kamu unduh di smartphone? Baca terus ya, siapa tahu ada yang paling sesuai untuk kamu.

 

1. Aplikasi Petani

pertanian online

Sesuai namanya, aplikasi ini memang diperuntukkan khususnya bagi para petani. Kalau ibu, bapak, atau tetanggamu juga seorang petani, aplikasi penyuluhan online ini sangat tepat untuk membantu meningkatkan produktivitas hasil tanaman kamu dan orang-orang di sekitarmu juga.

Tapi, kamu yang bukan petani juga bisa memanfaatkan aplikasi ini juga.

Melalui aplikasi ini, petani bisa bertanya langsung pada pakarnya mengenai berbagai info mengenai dunia pertanian, cara budidaya tanaman yang baik, sampai cara mengatasi berbagai jenis penyakit yang biasa menyerang tanaman.

Jadi, kamu bisa mendapatkan penyuluhan tentang berbagai hal terkait dunia pertanian secara online, kapan saja, dan dari mana saja dengan memanfaatkan aplikasi ini.

 

2. Aplikasi Pak Tani Digital

aplikasi pertanian indonesia

Aplikasi ini paling pas untuk kamu yang lebih suka satu aplikasi dengan berbagai fitur lengkap.

Lewat Pak Tani Digital, kamu bisa melakukan cek harga hingga pembelian barang langsung dari petani ke konsumen akhir.

Fitur Transporter juga memudahkan kamu untuk menemukan ekspedisi mana yang bisa kamu gunakan untuk proses pengiriman. Pak Tani Digital tersedia untuk aplikasi android dan juga web.

Yang menariknya lagi, kamu juga bisa mengetahui mapping harga dan komoditi via Pak Tani Digital. Karena data harga yang Pak Tani Digital miliki bukan hanya data terbaru saja, tapi juga record data hingga 2 tahun terakhir.

 

3. Aplikasi LimaKilo

aplikasi pertanian

 Kalau biasanya petani perlu menjual hasil panennya ke penadah atau tengkulak dulu, melalui aplikasi LimaKilo ini petani bisa langsung menjual hasil taninya ke konsumen.

Dengan aplikasi ini, bukan hanya rantai pasok jadi lebih pendek dan lebih cepat, petani juga bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dari penjualan langsung ini.

Selain bisa melakukan pemesanan hasil tani melalui aplikasi android, LimaKilo juga bisa kamu akses via website limakilo.id.

Sampai saat ini, LimaKilo telah bisa dipesan di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Nah, buat kamu yang ingin membantu menyejahterakan petani, kamu bisa langsung melakukan pemesanan lewat sini, ya.

 

4. Aplikasi Pantau Harga

aplikasi pemantau harga pertanian

 Aplikasi satu ini harus banget ada di Android kamu yang butuh bahan baku dari petani. Melalui aplikasi ini, kamu bisa melakukan tawar menawar dan juga jual beli hasill tani langsung dari petani.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan, karena Pantau Harga telah memiliki basis data harga yang bisa dijadikan acuan.

Aplikasi Pantau Harga ini memiliki tiga fitur utama yang akan memudahkan kamu. Pertama adalah fitur “Cek Harga”, yang memungkinkan kamu menemukan harga komoditas yang ada di sekitar kamu.

Lalu fitur “Kirim Harga” untuk melaporkan harga komoditas di penjual terdekat dan fitur “Jual Komoditas” yang bisa kamu gunakan untuk menjual komoditas kepada pengguna aplikasi lainnya.

 

5. Aplikasi Simbah

aplikasi pertanian indonesia

Kamu punya bisnis dan bingung mau mencari pasokan bahan baku darimana?

Aplikasi Simbah ini bisa dibilang adalah solusi dari masalah kamu. Lewat aplikasi ini, kamu bisa menemukan berbagai kebutuhan pertanian dan hasil pertanian.

Selain kualitas produk yang terjamin, kamu juga bisa mendapatkan harga yang bersaing karena pembelian bisa langsung ke petaninya.

Simbah memang berfokus kepada peningkatan produktivitas dan pemasaran B2B atau bussiness to business. Karena itu, aplikasi ini adalah aplikasi paling sesuai untuk kamu yang punya bisnis di bidang pertanian.

Selain bisa melakukan jual beli, Simbah juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memberikan kemudahan dalam proses belanja.

Bukan hanya konsumen akhir, kamu yang punya mau belanja dalam skala bisnis, atau punya usaha yang berkaitan dengan bidang pertanian juga bisa saling berkolaborasi dan berbagi informasi atau pengalaman melalui aplikasi ini.

Itulah lima aplikasi pertanian yang bisa kamu unduh dengan mudah di PlayStore. Seiring kemajuan teknologi, pasti akan semakin banyak pula aplikasi pertanian yang bisa memudahkan petani maupun customer untuk menemukan komoditas tani yang dibutuhkan.

Menurut kamu, aplikasi pertanian seperti apa yang paling bermanfaat dan diperlukan?

Sumber : infokomputer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian