Onde-onde Wortel dari Desa Berjo

SIAPA yang tidak mengenal onde-onde? Jajanan berbentuk bola dan bertabur wijen ini sudah sejak lama menjadi makanan populer untuk menemani aktivitas sehari-hari. Umumnya, onde-onde terbuat dari tepung terigu biasa dan berisi kacang ijo. Namun, bagaimana jika onde-onde dibuat dengan bahan dasar wortel?

Bagi Sri Wahyuni, menyulap wortel menjadi onde-onde bukanlah suatu hal yang mustahil. Buktinya, wanita yang tinggal di Dusun Gandu, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso ini telah merintis usaha onde-onde wortel “Berkah” sejak 2012. Biasanya, Sri Wahyuni memasarkan produk usahanya di sekitar objek wisata Candi Sukuh. Dengan harga Rp4.000 saja, Anda sudah bisa mencicipi jajanan khas Desa Berjo ini.

(Foto: Ami Rosemarwati)

Dari segi tampilan, onde-onde wortel ini tampak seperti onde-onde pada umumnya yakni berbentuk bulat. Ukurannya yang kecil memungkinkan Anda melahapnya dalam sekali gigitan! Taburan wijen dan teksturnya yang kering menambah kerenyahan onde-onde ini. Soal rasa, tak ada banyak perbedaan dengan onde-onde berbahan dasar tepung. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak menyukai wortel, tak perlu khawatir lagi untuk mencicipinya!

Kendati rasanya sama, onde-onde ini tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Wortel yang menjadi bahan dasarnya terkenal kaya akan beta karoten, fosfor, dan hidrat arang yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Manfaat ini kian menjadikan onde-onde wortel sebagai camilan yang menyehatkan.

(Foto: Ami Rosemarwati)

Inovasi Sri Wahyuni dalam memanfaatkan wortel sebagai komoditas utama Desa Berjo tak berhenti sampai di situ saja. Ia juga membuat camilan berupa stik pipih yang renyah dan gurih. Untuk membuat camilan ini, Sri Wahyuni membutuhkan seperempat kilogram wortel dan satu kilogram tepung terigu. Dari bahan-bahan itu, Sri Wahyuni dapat menghasilkan stik wortel dengan ukuran besar dan kecil.  Ukuran kecil dipatok dengan harga Rp1.000 sedangkan ukuran besar harganya Rp6.000.

Lezat, murah, dan bergizi. Lantas, menunggu apa lagi? Jadikan onde-onde dan stik wortel ini sebagai oleh-oleh menyehatkan untuk keluarga di rumah! [Refah Gagrag Anyar]

wisataberjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian