Desa Wisata Cibuntu, Kuningan, Jawa Barat

Desa Wisata Cibuntu merupakan satu kawasan desa yang memiliki jumlah penduduk kurang lebih 1.000 jiwa. Letaknya sendiri berada diujung tepatnya dibawah kaki Gunung Ciremai. Secara administratif Desa Cibuntu berada di area Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Dari sisi pelayanan, Desa Wisata Cibuntu ini terus berbenah agar pengunjung betah dan bisa berlama-lama menikmati segala daya tarik di Desa Wisata Cibuntu. Salah satu program yang digalakan di Desa Cibuntu ini yaitu dengan mengajak para pengunjung untuk turut berinteraksi langsung dengan beragam kegiatan warga masyarakat seperti membajak, menanam padi, memberikan makan kambing, dsb.

Berbicara Desa Cibuntu tak terlepas dari 3 elemen penting yaitu Pariwisata, Seni hingga Budaya.

Pariwisata

Desa Cibuntu memiliki daya tarik pariwisata dari potensi beragam situs warisan zaman dulu, mulai dari situs purbakala, warisan zaman kewalian, hingga warisan kerajaan.

Seni

Warga Desa Cibuntu dikenal juga dengan para pelaku seninya, salah satunya yaitu seorang tokoh sepuh yaitu Mang Pandi. Beliau sendiri merupakan salah satu perintis dari group Reog dan Sandiwara.

Kesenian lain yang sekarang coba dilestarikan yaitu tarian adat, dan pertunjukan musik tradisional seperti angklung, gamelan, gong, dsb.

Desa Wisata Cibuntu

Budaya

Terdapat salah satu budaya yang sempat hilang dan kini dilestarikan kembali, yaitu Sedekah Bumi. Sedekah Bumi sendiri merupakan suatu ritual warga Desa Cibuntu sebagai rasa syukur, namun ada beberapa rangakaian ritual yang dihilangkan.

Selain itu terdapat pula beberapa warisan kebudayan tempo dulu, hal tersebut terbukti dari ditemukannya beberapa peninggalan seperti warisan kebudayaan kerajaan yaitu Arca Dewi atau warga sekitar dikenal dengan sebutan Situs Saurip yang artinya satu kehidupan atau kebersamaan, batu petilasan tapak kaki Kijang, situs Buyut Kencring yang memiliki tanda seperti tempelan jempol yang berjumlah cukup banyak, dan telapak kaki manusia.

Situs Desa Wisata Cibuntu

Terdapat pula warisan kebudayaan zaman batu (Megalitikum), hal tersebut terbukti dari temuan yang sekarang dilestarikan seperti alat-alat dari batu mulai dari giok, kapak genggam, dsb. Namun penemuan beberapa situs batu purbakala tersebut kini disimpan di Situs Taman Purbakala Cipari.

Situs peninggalan budaya peradaban sendiri berada di titik-titik tertentu dan salah satunya terdapat di beberapa pekarangan rumah warga. Karena dirasa batu-batu tersebut merupakan salah satu aset penting bagi warga Desa Cibuntu sehingga situs-situs tersebut sangat dijaga dan dirawat sangat baik.

Selain di pekarangan rumah warga situs lain yang tersebar antara lain Situs Bujal Dayeuh, Hulu Dayeuh, Sahurip Kaler, Sahurip Kidul, Mata air Kahuripan, dsb.

Mata air Kahuripan merupakan salah satu aset berharga lainnya yang dimiliki Desa Cibuntu. Karena menurut penelitian kandungan air dari Mata air Kahuripan memiliki PH yang cukup kecil yaitu sekitar 0.4.

Desa Wisata Cibuntu

Bukan hanya berdasarkan penelitian, khasiat dan kesegaran dari air Kahuripan cukup dirasakan oleh warga sekitar dan para pengunjung. Menurut salah satu sumber di Desa Cibuntu, sumber air nya sendiri bukan berasal dari Gunung Ciremai, karena aliran airnya mengalir dari arah timur.

Selain dari beberapa situs sejarah beberapa daya tarik lain dari Desa Wisata Cibuntu antara lain :

Kampung Kambing

Kampung Kambing sendiri pada awalnya bukan diperuntukan sebagai daya tarik para pengunjung. Dimana awalnya kandang kambing berada di dekat rumah para warga yang memiliki kambing, karena alasan kesehatan, sehingga kandang kambing ditempatkan khusus di satu area agar lingkungan sekitar tidak tercemar.

Setelah Desa Cibuntu ini terbentuk menjadi desa wisata, kawasan ini pun dijadikan salah satu daya tarik lain. Sehingga dinamakanlah Kampung Kambing. Total kambing kurang lebih 1.500 dengan jumlah kandang sebanyak 75 buah.

Desa Wisata Cibuntu

Bumi Perkemahan Pageur Gunung

Bumi perkemahan atau camping ground ini menawarkan nuansa lain dari bumi perkemahan pada umumnya, karena area buper ini memiliki view Gunung Ciremai dan view alam lainnya yang masih asri. Luas area 3 hektar, dengan Daya tampung 200 tenda.

Buper di area ini sendiri merupakan buper eksklusif, karena tenda-tenda sudah tersedia dengan beberapa fasilitas seperti kasur, bantal, selimut, api unggun dan fasilitas makan 3 kali yang sudah disediakan. Selain itu terdapat fasilitas lain khusus bagi para pengunjung buper yaitu kolam renang.

Linggarjati Travel Fair 2017

Harga :

1. Paket Rp. 175.000,- Menginap 2 Hari 1 Malam

Fasilitas Tenda : Kasur Busa, Bantal, Sleeping Bag, Lampu Tenda, Api Unggun, Jasreh & 1 Kali Snack Kampung (Ciled/Lepeut), Free (Parkir, Wifi, Kolam Renang, Tour Kampung/Objek Wisata), 1 Kali Sarapan Pagi.

2. Paket Rp. 275.000,- Menginap 2 Hari 1 Malam

Fasilitas Tenda : Kasur Busa, Bantal, Sleeping Bag, Lampu Tenda, Api Unggun,  Jasreh & 2 Kali Snack Kampung (Ciled/Lepeut), Free (Parkir, Wifi, Kolam Renang, Tour Kampung/Objek Wisata), Guide Tour, 3 Kali Makan.

Untuk yang membawa tenda sendiri dan hanya menggunakan lokasinya saja dikenakan tarif Rp. 75.000/orang.

Terdapat juga penyewaan tenda. Untuk fasilitas kolam bisa juga untuk umum namun dikenakan tarif yaitu Rp. 10.000 dewasa, Rp. 5.000 anak.

Bumi Perkemahan di Pohon Bambu

Sedikit berbeda dengan Buper Pageur Gunung, di area ini pengunjung akan disuguhkan dengan nuansa area pohon bambu betung dengan luas area 4 hektar. Aktifitas tambahan yang bisa dinikmati yaitu outbond. Area buper ini sendiri biasa ditujukan untuk para siswa.

Harga :

Dikenakan tarif Rp. 25.000/orang. Beberapa fasilitas yang bisa menunjang kenyaman para pengunjung yang berkemah yaitu Mata air Kahuripan, kamar mandi, dsb. Kapasitas 500 tenda.

Curug Gongseng

Daya tarik alam lainnya yang disuguhkan Desa Wisata Cibuntu ini yaitu Curug Gongseng. Ketinggian Curug ini kurang lebih 24m. Dinamakan Curug Gongseng karena dulunya terdapat pohon langka yaitu pohon Gongseng.

Jatuhan air dari Curug Gongseng dibendung dan dibentuk menjadi satu kolam kecil dengan kedalaman yang tidak begitu tinggi, sehingga cukup untuk berendam sembari menikmati keindahan alam di Desa Cibuntu. Cocok bagi para pengunjung yang ingin rileksasi dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Desa Wisata Cibuntu

Homestay

 

Daya tarik utama sekaligus menjadi icon dari Desa Wisata Cibuntu yaitu fasilitas homestaynya. Dimana Desa Wisata Cibuntu ini mendapat penghargaan tingkat internasional. Penghargaan tersebut yaitu Homestay terbaik ke 5 Se-Asia.

Pertahun 2017 total homestay di Desa Wisata Cibuntu ini berjumlah 63 rumah. Layaknya rumah pada umumnya beberapa fasilitas di homestay Desa Wisata Cibuntu yaitu toilet duduk dan jongkok, dapur, ruang tamu, TV, kamar tidur lengkap dengan kasur, bantal, selimut, lemari, dsb.

 

Menikmati nuansa indahnya Desa Wisata Cibuntu sangat cocok untuk semua kalangan dan lapisan, baik untuk peorangan ataupun group/kelompok. Yuk menginap di Desa Wisata Cibuntu.

Sumber : dikuningan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian