Wakaf Bangun Desa

Wakaf, Alternatif Solusi Percepatan Pembangunan Desa

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shalih” (HR. Muslim no. 1631)

Syaikh Ali Bassam berkata: Adapun yang dimaksud dengan shadaqah dalam hadits ini ialah wakaf. Hadits ini menunjukkan, bahwa amal orang yang mati telah terputus. Dia tidak akan mendapat pahala dari Allah setelah meninggal dunia, kecuali (dari) tiga perkara ini; karena tiga perkara ini termasuk usahanya. Para sahabat dan tabi’in mengizinkan orang berwakaf, bahkan menganjurkannya.

Keistimewaan Wakaf

Wakaf merupakan salah satu amalan ibadah yang termasuk istimewa, hal ini karena pahala waqaf akan terus mengalir walaupun kita telah meninggal dunia. Berbeda dengan amalan-amalan seperti shalat, zakat, puasa, Haji dll yang pahalanya akan terputus ketika kita meninggal dunia. Keterangan ini berdasarkan hadist Rasulullah SAW. “Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya, kecuali tiga hal; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang selalu mendoakannya. [HR. muslim, Imam Abu Dawud, dan Nasa’iy]

Menurut jumhur ulama; sedekah jariyah dalam wujud waqaf. Pahalanya bisa diatasnamakan orang lain. “Dari sahabat Fadhl datang kepada Rasulullah dan bertanya “ibuku meninggal dunia dan aku bermaksud ingin melakukan amal kebaikan baginya, apakah pahalanya akan bermanfaat buat ibuku? ” Rasulullah menjawab, ”buatlah sumur umum dan niatkan pahalanya kepada ibumu.”

 

Lembag Wakaf Bangun Desa

Lembaga Wakaf Bangun Desa

Bagi teman-teman yang ingin berwakaf melalui Lembaga Wakaf Bangun Desa dapat melalui :

Bank Syariah Mandiri Cab Sawangan No. Rek : 711 457 0348 an. YPP 554 Waqaf Bangun Desa

atau dapat menghubungi pengurus kami :

Sdr. Riki Destian Hp. 0812 8050 7050 atau Sdr. Imam Fauzi Hp. 0822 1469 9971

https://www.facebook.com/wbdesa/

Head Office :

Kp. Malang Nengah Rt.03/02 Desa Ciseeng, Kec. Ciseeng, Kab. Bogor, Jawa Barat – Indonesia

Email : wakafbangundesa@gmail.com

 

Silahkan berkonsultasi secara langsung untuk mendapatkan informasi yang selengkap-lengkapnya.

“Bersama Membantu Sesama…”

 

www.pelitadesa.com

 

 

 

EnglishIndonesian