Main ke Desa Teletubbies di Prambanan

Apakah Anda masih ingat serial televisi anak-anak dengan tokoh Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po? 4 boneka lucu berwarna ungu, merah, hijau, dan kuning yang dilengkapi tabung televisi di perut mereka. Dalam serial tersebut mereka tinggal di sebuah rumah unik berbentuk separuh bola atau dome.

Ternyata, di Yogyakarta terdapat sebuah perkampungan yang rumah-rumah penduduknya menyerupai rumah teletubies tersebut. Komplek rumah-rumah tersebut dikenal dengan nama Kompleks Rumah Dome. Namun banyak juga orang yang menyebutnya Desa Teletubbies. Ya, hal ini dikarenakan semua bangunannya berbentuk dome/kubah.

Keberadaan rumah-rumah ini tentu bukan tanpa alasan. Rumah dome ini awalnya dibangun sebagai tempat tinggal warga pasca gempa besar yang melanda Yogyakarta pada tahun 2006. Arsitektur rumah ini dirancang tahan gempa dan tahan api. Sejak saat itu, warga mulai tinggal di rumah dome ini.

Bentuk rumah yang unik membuat kampung teletubbies ini ramai dikunjungi wisatawan. Mereka penasaran akan isi dari rumah dome. Meski bentuknya kecil, ternyata rumah dome memiliki beberapa ruang. Bahkan rumah dome ini juga terbagi menjadi dua lantai. Saat panas terik udara di rumah dome terasa dingin, dan saat hujan lebat penghuninya akan merasa hangat.

Selain rumah-rumah penduduk, sarana umum lain di kampung ini seperti mushola, poliklinik, dan aula pertemuan warga juga berbentuk kubah dengan ukuran yang lebih besar. Pada hari minggu atau hari libur biasanya akan ada badut teletubbies, sehingga wisatawan yang berkunjung bisa berpose bersama mereka. Menarik bukan? Kapan lagi coba bertemu teletubbies di kampung teletubbies? Selain itu wisatawan juga bisa naik kereta kelinci mengelilingi perkampungan.

Lokasi dan Akses

Kompleks perkampungan rumah dome ini terletak tidak jauh dari Istana Ratu Boko, tepatnya di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Untuk mencapai tempat ini wisatawan cukup menyusuri jalan raya Prambanan – Piyungan. Jika datang dari arah Prambanan, setelah melewati Kompleks Istana Ratu Boko perhatikan petunjuk arah yang ada di kiri jalan. Dari jalan raya silahkan belok kiri mengikuti petunjuk arah yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian