Mengapa Pelita Desa ingin membangun Start Up Desa?

Kita perlu menghidupkan Cafetaria Desa Nusantara di Pelita Desa Ciseeng untuk menjadi “Village Start Up” karena desa membutuhkan start up untuk membangkitkan kegiatan ekonomi di desa. Sebagai contoh, “igrow” tumbuh cepat karena keikutsertaan petani dan warga desa lain yang memerlukan start up tersebut. Kita telah punya remaja desa dan relawan yang punya motivasi untuk membangun desa serta telah mengenal potensi desanya. Start Up Desa dapat menjadi penghubung antara investor dengan petani serta dalam hal mencarikan pasar yang sesuai.

Contoh sederhana seperti Start Up yang mengurusi ternak kambing. Investor dapat berinvestasi dimana saja, sedangkan petani dapat sebagai operator operasional ternak kambingnya,  bisa hanya di satu desa saja, bisa juga hingga mencakup 1000 desa. Pemasarannya diharapkan bisa untuk seluruh indonesia, bahkan diekspor ke luar negeri.

Dengan demikian Start Up ini akan dapat menggerakkan ekonomi pedesaan serta memberi keuntungan pada peternak dan investor juga sekaligus memiliki fee untuk membiayai operasional Start Up itu sendiri.

 

Apa yang dibutuhkan?

Apa yang diperlukan untuk mulai mengoperasionalkan Cafetaria Desa Nusantara di Pelita Desa Ciseeng hingga dapat menjadi tempat berkumpul remaja yang akan membangun Start Up Desa?

Yang pasti, suasana yang nyaman untuk remaja dapat berkumpul. Fasilitas wifi yang cepat, AC, Printer, ruang kerja lengkap dengan meja dan kursi serta whiteboard, serta sebuah ruang pertemuan kecil. Nantinya akan ada kegiatan diskusi serta penambahan wawasan serta secara berkala, juga presentasi ide di depan calon investor, dapat pula dilakukan. Kita memerlukan nara sumber dari akademisi IPB serta universitas lain. Perlu juga seorang pakar IT yang mampu membantu atau menghubungkan dengan pihak lain, jika perlu membangun Aplikasi Start Up.

* * * *

Saat ini, Start Up yang sangat cepat tumbuhnya dan menjadi kaya raya adalah “Airbnb” yang didirikan oleh 3 orang fresh graduate Desain dan IT. Mungkin diantara kita sdh ada yang pernah memakai aplikasinya. AirBnB merupakan layanan online yang menyediakan jasa sewa rumah atau apartemen yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Dengan kata lain, saat Anda sedang traveling dan membutuhkan penginapan, kamu bisa memesannya melalui AirBnB.

Apakah kita bisa menjadi investor pemula bagi start up kita yang baru?

 

(Samsuridjal Djauzi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian