Prof Samsu gagas Perkumpulan Desa Cantik Indonesia

Ada topik yang menarik, saat kegiatan Magang Nusantara yang diadakan oleh Pelita Desa dalam rangka mendukung Percepatan Pembangunan Desa yang diadakan pada tanggal 20 – 30 April 2018 ini. Pada tanggal 23 April 2018 yang lalu, Prof. Samsuridjal Djauzi sempat memberikan materi di hadapan lebih kurang 30 peserta pelatihan yang berasal dari 10 provinsi di Indonesia. Dalam materi ini tercetus 2 topik yang sangat menarik, yaitu mengenai gagasan untuk membuat Perkumpulan Desa Cantik Indonesia, bahkan jika perlu ada kompetisinya serta Gagasan Pendirian Rumah Kreatif Desa.

Prof Samsu gagas Perkumpulan Desa Cantik Indonesia

Dengan adanya Perkumpulan Desa Cantik Indonesia, diharapkan desa-desa di Indonesia semakin termotivasi untuk mempercantik dan mensejahterakan desa. Karena keindahan alam saja tak cukup, namun perlu dipelihara dan lebih ditingkatkan lagi kecantikannya. Selain itu juga  harus ada dampak pada kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri. Dimana masyarakat desa harus dilibatkan secara aktif agar dapat ikut merasakan manfaatnya. Jika ini semua dapat dilaksanakan žmaka akan dapat menjadi upaya pelengkap dalam kegiatan mempercepat pembangunan desa.

Untuk mendukung hal ini perlu dilakukan berbagai kegiatan, antara lain dengan mendukung upaya mempercantik desa, melakukan pemilihan desa cantik Indonesia, perlu dilakukan pertemuan tahunan di dalah satu desa cantik yang terpilih, dan yang pasti perlu adanya upaya mempromosikan desa cantik kepada para wisatawan.

Untuk Rumah Kreatif Desa, Prof Samsu menjelaskan bahwa secara harafiah ini tidak harus dalam bentuk rumah atau di dalam rumah, bisa di bawah pohon rindang atau dimanapun tempat yang nyaman, dimana remaja dapat berkumpul seminggu sekali untuk menemukan dan diskusi masalah desa. Lalu dapat mengeluarkan ide-ide kreatif untuk menyelesaikannya. Juga mengidentifikasi potensi dan stake holder yang diperlukan. Diharapkan para remaja dapart saling mengkomunikasikan ide dan mendengarkan lalu melaksanakan ide, melakukan Evaluasi dan membuat modifikasi ide jika diperlukan.

Prof Samsu gagas Perkumpulan Desa Cantik Indonesia

Proses kegiatan yang ada di dalam Rumah Kreatif Desa dapat dimulai dengan adanya koordinator yang mengundang, lalu menentukan topik yang akan dibicarakan pada pertemuan kali ini, meminta setiap orang dapat berkontribusi ide dan masukan. Jumlah anggota cukup 5 – 8 orang saja. Dan hasil keputusan merupakan kesepakatan bersama. Bila belum berhasil mengambil keputusan dapat dibicarakan pada pertemuan berikutnya. Lama pertemuan cukup 1 – 1,5 jam. Jika ini semua dapat diterapkan di semua desa di Indonesia, maka dampak yang ditimbulkan pasti akan luar biasa. Dimana remaja akan menjadi motor penggerak pembangunan percepatan desa.

Ayo Peduli Desa, ayo Bangun Desa, ayo Percantik Desa dan ayo Pelihara Desa!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian