Studi Banding Pelita Desa

Studi Banding Percepatan Pembangunan Desa @Pelita Desa Ciseeng

Untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu dilakukan pembangunan desa. Sekitar 50% penduduk di Indonesia hidup di desa. Enam puluh persen desa di Indonesia yang berjumlah hampir 80 ribu masih dalam keadaan tertinggal atau amat tertinggal. 

Pembangunan desa dapat dipercepat melalui: 

1. Keinginan masyarakat dan aparat desa untuk memajukan desa mereka.

2. Kejelasan kepemilikan tanah, agar warga desa tetap memiliki tanah, tidak mudah dijual kepada orang di luar desa.

3. Keterlibatan desa dalam pembangunan desa, bahkan Pembangunan Desa perlu dirubah menjadi “Pembangunan oleh Desa”.

4. Pemanfaatan teknologi informasi untuk mempermudah komunikasi serta memperluas pasar, jika perlu sampai pasar global.

5. Pemanfaatan teknologi agro, teknologi pertanian, teknologi pangan. 

6. Meningkatkan peran petani, dari pekerja menjadi pengusaha.

7. Menarik modal dari luar desa, agar mau menanamkan modalnya di desa.

PELITA DESA telah mencoba menerapkan beberapa upaya diatas dan berharap dapat melakukan percepatan pembangunan desa. Bahkan dengan terjadinya kemajuan teknologi secera eksponensial maka pembangunan desa diharapkan juga mampu berjalan secara ekponensial. 

PELITA DESA yakin pada tahun 2030 nanti sudah banyak desa yang pembangunannya sudah menyusul kota. Orang akan merasa nyaman tinggal dan berusaha di desa. Banyak desa di Indonesia yang telah berubah dan berhasil maju. Kita perlu berbagi pengalaman agar pembangunan desa di negeri kita dapat berjalan lebih cepat. 

Studi Banding Percepatan Pembangunan Desa

PELITA DESA menawarkan STUDI BANDING untuk para warga desa yang ingin berbagi pengalaman serta para penggiat pembangunan desa. 

Studi Banding akan dilaksanakan di 4 lokasi:

1. PELITA DESA OUTBOND (EDU 1) 

Merupakan komplek rekreasi dan edukasi bagi anak TK dan SD seluas 3 ha di desa Putat Nutug, Ciseeng.  Penyelenggaraan proyek ini melibatkan penuh warga setempat, hanya ada seorang warga yang berasal dari Jakarta dari sekitar 120 orang warga yang terlibat, baik sebagai pelatih, penyedia konsumsi, pembersih lahan maupun pedagang setempat.

2. PELITA DESA (EDU 2)

Sekitar 3 ha berada tak jauh dari Edu 1, di tepi Sungai Cisadane. Lokasi ini diperuntukkan bagi siswa yang lebih besar untuk rekreasi, tempat bermain juga tempat untuk mengasah kreativitas remaja.

3. MINAPOLITAN (EDU 3)  

Terletak sekitar 7 km dari Edu 1 yang dikenal sebagai Minapolitan atau Bazaar Syariah. Lokasi ini untuk wisata kuliner, rekreasi keluarga serta informasi mengenai teknologi perikanan.

4. KEBUN WISATA EDU 4 

Terletak tak jauh dari Edu 3, mempunyai  lahan sekitar 7,8 ha yang merupakan kebun  wisata. Tempat keluarga berwisata sekaligus  dapat belajar berkebun. 

Tujuan

Memberikan pemahaman dan pengenalan langsung pada peserta mengenai pengelolaan sumber daya desa dalam rangka percepatan pembangunan desa.

 

Lama Studi Banding dan Hasil yang Diharapkan

STUDI BANDING 1
Selama satu hari (sekitar 6 jam di lokasi) : Peserta akan mengenal sistem organisasi, jenis layanan dan keterlibatan masyarakat setempat

STUDI BANDING 2
Selama dua hari (menginap 1 malam di lokasi), seperti Stidi Banding 1 tapi ditambah dengan keterlibatan pesantren: Peserta mendapatkan wawasan yang lebih luas mengenai pemetaan sumber daya yang strategis untuk mendapatkan potensi maksimal dalam memperkuat pengorganisasian masyarakat dalam percepatan pembangunan desa.

STUDI BANDING 3
Magang selama 14 hari, untuk mendalami suasana kerja, sistem kerja serta cara bekerja dengan masyarakat termasuk keterlibatan pesantren dan kerjasama dengan berbagai mitra yang bergerak dalam bidang pembangunan desa: Peserta akan mendapatkan ketrampilan khusus dalam mengelola team kerja dan pengorganisasian masyarakat desa.

Diakhir kegiatan, peserta akan difasilitasi untuk merancang rencana tindak lanjut individu atau  pun organisasinya.

Biaya

Untuk Studi Banding ini TIDAK dipungut bayaran, termasuk snack, kopi, makan, dan akomodasi akan ditanggung oleh Pelita Desa. Namun, jika rombongan ingin menyumbang, maka dapat melalui Kotak Sumbangan yang hasilnya nanti akan disalurkan kepada Lembaga Wakaf Bangun Desa.

Cara Mendaftar

Rombongan yang akan mengikuti Studi Banding Pelita Desa harus mengirim pesan WA ke Rombongan yang akan mengikuti Studi Banding Pelita Desa harus mengirim pesan WA ke 0858 9420 0016 atau telp ke (0251) 854 3456 dengan menginformasikan jumlah peserta, latar belakang peserta serta jenis studi banding yang dipilih. Pelita Desa nantinya akan kembali mengabarkan tentang tanggal kunjungan.

Syarat

1. Mempunyai komitmen tinggi untuk ikut memajukan desa. 

2. Pendidikan tidak ada syarat tertentu, tapi minimal mampu membaca dan menulis. 

3. Peserta yang mewakili instansi sebaiknya dilengkapi surat tugas. 

4. Semua peserta wajib mengisi formulir yang telah disediakan.

Fasilitator & Nara Sumber 

Prof. Dr. Samsuridjal Djauzi | Adi Setiadi | Nurrohim | Ust Yanuar | Bp. Iskandar | Ibu Ade | dkk

Jaringan

Temanggung (Imam Fauzi) | Banjar (Dicky) | Banten (Kidam) | Wonosobo (Yuwono) | Ciomas (Ust Budi) | Pesantren Ruhama (Ust Yanuar) | Tanjung Pandan Belitung (Rahman) | Batam (Rohim) | Kowane (Aswanto) | Lombok (Mega) | Ende (Riky) | Tanjung Lesung (Karim)

Kontak dan Info :

WA ke 0858 9420 0016 atau telp ke (0251) 854 3456

Studi banding percepatan Pembangunan Desa (Pelita Desa)

 

Studi banding percepatan Pembangunan Desa (Pelita Desa)

Studi banding percepatan Pembangunan Desa (Pelita Desa)

Studi banding percepatan Pembangunan Desa (Pelita Desa) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EnglishIndonesian